INDONESIA
Ada yang tau nama makanan di atas itu apa ? pasti anda sudah tau . yaa chai Kue atau Choi pan namanya. beberapa waktu yang lalu saya mengunjungi salah satu tempat kuliner di kota Pontianak. kenapa saya memilih tempat itu? karena di tempat itu ada makanan favorit saya, yaitu chai kue.
 Choi pan atau chai kue merupakan salah satu makanan yang sangat identik dengan kota Pontianak, Kalimantan Barat. Meskipun sangat populer dan sudah dikenal lama di Pontianak ternyata choi pan ini bukan makanan asli Pontianak melainkan hasil pengaruh yang dibawa oleh keturan Chinese perantauan dari Tiongkok yang datang dan menetap di Indonesia. Hal ini terlihat dari asal kata chai kue atau choi pan itu sendiri yang berasal dari bahasa China, dimana chai berarti sayuran sementara kue berarti kue, jadi secara harfiah chai kue berarti kue yang berisi sayuran. Bukan hanya di pontianak, di singkawang  juga chai kue sangat terkenal.  Bagiku chai kue di singkawang lebih enak ketimbang di pontianak , mengapa demikian ? mungkin pengaruh tangan si pembuatnya wkwkwk.
Di tempat yang saya kunjungi  waktu itu tersedia berbagai macam olahan chai kue, di antaranya chai kue kukus , chai kue goreng, dan chai kue kremes .
Choi pan sendiri memang merupakan sejenis dimsum yang berisi sayuran dan dimatangkan dengan cara dikukus. Isiannya biasanya variatif mulai dari bengkoang dan talas yang dicampur ebi atau rebung dan kucai yang diiris. Sementara bagian kulitnya dibuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu sehingga menghasilkan texture kulit yang licin dan kenyal, lalu bagian luarnya dilumuri dengan minyak bawang putih dan bawang putih yang digoreng. Dari ke 4 variatif isi nya, saya lebih suka isi bengkuang dan kucai .
Untuk penyajiannya, choi pan selalu disandingkan cabe yang sudah di campur bumbu lainya yang teramat pedas . Jadi menikmati choi pan akan merasakan beberapa macam rasa sekaligus, rasa manis dari bengkoang, gurih dan asin dari penggunaan bumbu dan ebi lalu ada rasa pedas dari cabe nya. Choi pan memang paling nikmat disantap selagi hangat. Jika di Pontianak, hidangan ini bisa dijumpai hampir di semua pelosok wilayah bahkan dijajakan keliling. Tapi tidak begitu dengan kota lainnya, mungkin kita masih bisa dengan mudah menemukan choi pan di Singkawang, Bangka Belitung bahkan Jakarta, tapi di Bali ? disini hampir sama sekali belum pernah ketemu penjual choi pan kecuali sengaja mencari ke resto yang menjual Chinese food. Selain rasanya yang enak. Harga nya juga terjangkau. 1 choi pan seharga Rp. 1000 . anda penasaran ? coba aja di rasa pasti ketagihan hehe. Selamat mencoba hehehe

INGGRIS
anyone know the name of the food above it what? surely you already know. yaa chai Kue or Choi pan name. some time ago I visited one of the culinary places in pontianak city. why did I choose that place? because in that place there is my favorite food, the chai cake.
 Choi pan or chai cake is one food that is very identical with the city of Pontianak, West Kalimantan. Although very popular and already known long time in Pontianak turns choi pan is not the original food of Pontianak but the result of the influence brought by overseas Chinese strain of Chinese who come and settle in Indonesia. This is evident from the origin of the word chai cake or choi pan itself derived from Chinese, where chai means vegetables while the cake means cookies, so literally chai cake means a cake that contains vegetables. Not only in Pontianak, in Singkawang also chai cake is very famous. To me the chai cake in Singkawang is better than in Pontianak, why is that? may influence the hands of the maker wkwkwk.
In the place I visited it was available a variety of processed chai cake, among them steamed chai cai, fried cookie chai, and chai kake kremes.
Choi pan itself is a kind of dimsum that contains vegetables and cooked in a steamed way. The contents are usually varied ranging from bengkoang and taro mixed with ebi or bamboo shoot and chopped sliced. While the skin is made from a mixture of rice flour and sago flour to produce a slick and chewy skin texture, then the outside is smeared with garlic oil and fried garlic. From the 4 variations of its content, I prefer the content of yam and chives.
For the presentation, choi pan always juxtaposed with chili that has been mixed with other spices very spicy. So enjoy choi pan will feel some kind of flavor at the same time, sweet taste of bengkoang, savory and salted from the use of spices and ebi then there is a spicy taste of chilli. Choi pan is the most delicious eaten while warm. If in Pontianak, this dish can be found almost in all corners of the region even peddled around. But not so with other cities, maybe we can still easily find choi pan in Singkawang, Bangka Belitung and even Jakarta, but in Bali? here almost had never met seller choi pan unless deliberately looking to a restaurant that sells Chinese food. Besides the delicious taste. The price is also affordable. 1 choi pan for Rp. 1000. you curious? just try it in the sense of addiction hehe. Congratulations trying his chai-cake ya hehehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dialog UAS Bahasa Inggris